Menu
Nasional

Islam Adalah Agama yang Damai dan Toleran

5 Juni 2013

islam damaidakwatuna.com – Jakarta. Anggapan yang beredar selama ini tentang Islam agama yang mengajarkan kekerasan di dunia harus disingkirkan, karena Islam merupakan agama yang damai dan selalu menebarkan kebaikan, demikian ungkap Menteri Agama RI Suryadharma Ali dalam Seminar Internasional Dialog Antar Umat Beragama di Jakarta, Selasa (4/6).

Suryadharma mengungkapkan, adanya anggapan Islam memberikan inspirasi kekerasan di dunia itu tidak benar. Karena Islam selalu menyebarkan perdamaian dan kebenaran.

Mengenai umat Islam di Indonesia yang selalu dikaitkan dengan teror yang selalu mengganggu masyarakat, Menag menyatakan hal itu tidak menggambarkan Islam yang sesungguhnya. Hal ini dikarenakan kehidupan di Indonesia yang mayoritas damai sangat berbanding terbalik dengan tuduhan terorisme tersebut.

Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin tidak mengajarkan teror karena tidak ada tempat dalam ajaran Islam untuk kekerasan. Islam adalah agama yang menghormati agama lain dan tidak ada paksaan dalam Islam.

Suryadharma lebih jauh lagi menjelaskan, Islam merupakan agama yang sangat toleran. Dalam ajarannya, Islam mewajibkan umatnya untuk menjaga keharmonisan dalam masyarakat meskipun berbeda agama.

Seminar ini terselenggara berkat kerjasama antara Universitas Islam Indonesia (UII) dan Universitas Islam Madinah (UIM), Arab Saudi. Seminar tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh Islam seperti Anggota DPR RI Hidayat Nurwahid, Rektor UIM Muhammad Ali al-Uqla, Rektor UII Edy Suandi Hamid, dan Yusuf Mansur serta beberapa delegasi Arab Saudi.

Seminar ini diadakan dalam rangka menyebarkan pesan kepada dunia bahwa komunikasi dalam kehidupan beragama itu sangat penting untuk menciptakan kedamaian antar umat beragama di seluruh dunia yang selama ini sering dilanda konflik akibat adanya kesalahpahaman dalam berinteraksi sesama manusia. (mr/rs/mina)