Menu
Resensi Buku

Agar Al-Qur’an Menjadi Motivasi Hidup Anda

26 April 2012

Judul Buku: “Agar Al-Quran Menjadi Motivasi Hidup Anda”
Penulis: Hidayatullah, Lc, Al-Hafizh
Tebal: 264 hal
Ukuran: 14,5 x 21 cm
ISBN: 978-602-9399-17-3
Penerbit: Pustaka Ikadi
Cetakan: Pertama, Februari 2012

Cover buku "Agar Al-Qur'an Menjadi Motivasi Hidup Anda".

dakwatuna.com – Memotivasi diri dengan Al-Quran? Mungkin tema yang unik dan jarang diangkat dalam berbagai momentum ataupun tertuang dalam bentuk buku. Umumnya tema semacam ini dibahas pada bidang psikologis dan pengembangan diri saja. Para konsumennya pun adalah mereka yang ingin mengembangkan dan mengeksplorasi potensi dirinya. Terutama ketika mereka ingin mengejar impian dan cita-citanya dalam hidup ini. Hampir sebagian besar mereka lebih terinspirasi dari teori-teori falsafah modern barat tentang psikologi kesuksesan versi non Islam. Sedikit pun tidak ada unsur-unsur ruh Al-Quran dan nilai-nilai spiritual keislaman di dalamnya.

Sebagai muslim kenapa sebagian kita tidak memanfaatkan penggalian potensi motivasi kemenangan itu dari nilai-nilai Al-Quran dan ajaran Islam yang kita anut ini? Padahal semua teori-teori impor dan umum itu muaranya ke sana. Kalau kita mengamati secara mendalam dan seksama perjalanan sukses orang-orang barat saat ini, tidak ada ajaran kesuksesan yang mereka tapaki selain cara-cara yang sebelumnya sudah disinggung dalam ajaran Islam, dalam Al-Quran.

Sebagai contoh misalnya, suatu ketika di tahun 1970 Presiden Korea Selatan Park Chung Hee terkesan dengan sebuah ungkapan indah ketika ia berkunjung ke Aceh. Dalam singgahnya ke Masjid Baiturrahman secara tidak sengaja matanya tertuju kepada sebuah kalimat indah bertuliskan: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah (nasib) suatu kaum sampai mereka mengubah diri mereka sendiri.” Dia tidak mengetahui bahwa petikan kalimat itu adalah penggalan sebuah ayat dari surat Ar-Ra’du ayat 11.

Dengan rasa penasaran yang bergumul dalam benaknya, Presiden Korea ini lalu bertanya kepada salah seorang jamaah masjid. Dan ia pun menjelaskan terjemahannya. Park Chung Hee kaget dan demikian terinspirasi oleh ayat itu. Pemahaman dan kata-kata hikmah menembus hatinya lalu menyatu dalam dirinya. Kemudian ia pun kembali ke negaranya dan menjadikan ayat itu sebagai tagline bangsanya. Dan hasilnya benar! Tak berapa lama, Korea Selatan pun berubah menjadi negara maju, disegani dan dapat mengubah nasib rakyatnya menjadi lebih baik dan sejahtera. Subhanallah.

Sentuhan-sentuhan motivasi di atas -Insya Allah- terangkum dalam buku sederhana yang berada di tangan Anda saat ini. Ia akan menjadi acuan bagi Anda yang haus akan merealisasikan cita-cita hidup dan impian berlandaskan nilai-nilai spiritual Al-Quran dan keteladanan Rasulullah Saw, serta generasi terbaik umat ini.

Selamat menikmati!!