Home / Keluarga / Pendidikan Keluarga / Doa Suami-Istri

Doa Suami-Istri

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “لَوْ أَنَّ أَحَدَهُمْ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْتِيَ أَهْلَهُ قَالَ بِاسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبْ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا فَإِنَّهُ إِنْ يُقَدَّرْ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ فِي ذَلِكَ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْطَانٌ أَبَدًا”

dakwatuna.com – Ibnu Abbas ra. berkata, Rasulullah saw bersabda, “Kalau salah seorang hendak mendatangi istrinya hendaknya ia berdoa, ‘Dengan nama Allah, ya Allah, jauhkan setan dari kami dan jahkan syetan dari apa yang Engkau anugerahkan kepada kami.’ Karena jika ditakdirkan antara keduanya seorang anak tidak akan dicelakakan oleh setan selama-lamanya.”

Hadits ini dikeluarkan At-Thayalisi (1/302 nomor 2705), Ahmad (1/286 nomor 2597), Bukhari (3/1196 nomor 3109), Muslim (2/1058), Abu Daud (2/239 nomor 3109), At-Tirmidzi (3/401 nomor 1092). At-Tirmidzi mengatakan hadits ini hasan shahih. Juga dikeluarkan Ibnu Majah (1/618 nomor 1919) da Ibnu Hibban (3/263 nomor 983)

Al-Allamah Al-Mubarakfuri di kitabnya Tuhfazhul Ahwadzi bisyarhi Jami’ At-Tirmidzi mengatakan, “Yang dimaksud dengan ‘mendatangi keluarganya’ adalah menggauli istri atau budaknya. Maksudnya, jika seseorang hendak menggauli istrinya, jadi doa itu diucapkan sebelum melakukannya. ‘Apa yang Engaku anugerahkan kepada kami’ artinya anak dan ‘Tidak dicelakakan setan selama-lamanya’ artinya setan tidak bias menguasainya hingga anak itu kelak tidak bias melakukan amal shalih.

Al-Hafizh Ibnu Hajar di Fathul Bari mengatakan, para ulama berbeda pendapat tentang jenis celaka yang diakibatban setan kepada anak manusia setelah kedua suami istri itu sepakat untuk tidak hamil. Kesepakatan itu dipicu oleh sikap mereka terhadap hadits shahih

إِنَّ كُلَّ بَنِي آدَمَ يَطْعَنُ الشَّيْطَانُ فِي بَطْنِهِ حِينَ يُولَدُ, إِلَّا مَنْ اِسْتَثْنَى

“Setiap anak Adam ditikam oleh setan di perutnya saat dilahirkan selain yang dikecualikan.”

Penikaman seperti ini adalah salah satu jenis celaka yang ditimbulkan setan. Ada juga yang berpendapat bahwa setan akan menguasainya agar namanya tidak diberkahi. Ada juga yang mengatakan tidak dibinasakan. Juga ada yang mengatakan tidak dicelakakan urusan agamanya. Ad-Daudi berkata, yang dimaksud dengan celaka di sini adalah tidak difitnah oleh setan dalam agamanya hingga ia menjadi kafir. Ini tidak berarti anak Adam terbebas dari kemaksiatan.

Hadits di atas menegaskan bahwa hubungan suami istri tidak semata-mata persoalan melampiaskan syahwat, akan tetapi lebih mulia lagi terkait dengan tujuan sebuah pernikahan.

Ibrah:

1. Agar seseorang ingat akan nikmat yang Allah anugerahkan kepadanya. Yang berupa pasangan hidup yang karena itu seseorang mendapatkan ketentraman dan kedamaian.

2. Agar seseorang menyadari tujuan utama pernikahannya, yaitu demi keberlangsungan generasi dan memperbanyak hamba-hamba yang akan menyembah Allah.

3. Agar seseorang senantiasa ingat akan musuh utama dalam kehidupan ini, yaitu setan yang senantiasa menggoda dan menjerumuskan anak cucu Adam. Bahkan sejak berada dalam kandungan. Lalu selalu berlindung kepada Allah dari godaan setan.

4. Agar seseorang senantiasa bertawakkal kepada Allah setelah berusaha.

5. Agar selalu berusaha mengharapkan ridha Allah dalam setiap perbuatan yang dilakukan, baik ibadah mahdhah maupun ghairu mahdhah.

6. Anak adalah karunia Allah yang diamanahkan kepada orang tuanya dan hendaknya ditunaikan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kehendak Dzat yang memberi amanah itu. Wallahu A’lam.

Redaktur: Samin Barkah, Lc. ME

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (152 votes, average: 8,74 out of 10)
Loading...Loading...
Asfuri Bahri, Lc
Lahir di Lamongan dan telah dikaruniai Allah 6 orang anak. Lulusan MTS di Gresik, MA di Gresik, dan LIPIA Jakarta. Sehari-hari sebagai Pengajar. Aktif di beberapa organisasi, antara lain LSM FOCUS, dan IKADI DKI Jakarta. Beberapa karya ilmiah telah dihasilkannya, antara lain "Rambu-Rambu Tarbiyah" (terjemahan, CIP Solo), "Anekdot Orang-Orang Tobat" (Darul Falah), "Galaksi Dosa" (Darul Falah), dan "Kereta Dakwah" (terjemahan, Robbani Press). Moto hidupnya adalah "Pada debur ombak, daun jatuh, hembus angin, ada tarbiyah".

Lihat Juga

Lomba berbusana mirip istri teroris. (twitter)

Meskipun Sudah Pindah Tempat, Peluncuran Buku “Akulah Istri Teroris” Tetap Dibatalkan

  • http://sofimh.blogspot.com/ sofi

    bagus pak artikelnya

  • edah

    sunbhanallah… bagus bangeeett

  • rush

    Bagaimana kalau KB? Apakah aturan untuk tidak menghalangi terjadinya pembuahan berlaku untuk segala kasus? Jika memang ada skala prioritas, mana yang didahulukan, menghindari zina dengan menikah dan menunda memiliki anak karena tidak siap atau memaksakan diri membiarkan punya anak tanpa pertimbangan untuk kedepannya? Rizki memang diatur Tuhan, tapi Tuhan memberi manusia kemampuan untuk memperkirakan kemampuannya juga.

    • http://www.facebook.com/izuln.siesoel IZul N Siesoel

      yang jelas dlm Hadist sbgmn itu KB(mengeluarkan sperma tdk pd tempatnya agar tdk hamil) disebutkan sama dg pembunuhan terselubung. ini bahasa Hadist, ada yg membolehkan ada yg melarang. Wallahua’lam

  • M. SYAFRUDIEN

    sangat bagus untuk menambah wawasan saya dalam masalah suami istri yang sesuai syariat islam bukan dari situs pornografi

  • uchiee

    allhamdulillah dengan membaca siraman rohani ini semakin mengerti arti pernikahan dan menjaga hubungan rumah tangga kita,amin

  • http://an an

    salamu’alaikum
    terimakasih artikelnya bermanfaat

  • didi ulang

    kaya`nyah ok yah….mingkin adem yah….kita bacanyah..

  • Umi Zidan

    Saya sengaja membuka situs ini, karena saya ingin belajar lebih banyak tentang rumah tangga sakinah seperti keluarga Rasululloh diluar buku – buku yang sudah saya baca sebelumnya…syukron atas artikelnya, semoga bisa saya amalkan bersama Abi Zidan dan mohon dukungan doa agar kami sekeluarga bisa menjadi keluarga sakinah dan teladan seperti Rasululloh…Amien..

  • Saharuddin, S.IP

    Syukran wa syukrillah. Pas Banget saya mau merried dan mudah-mudahan dapat saya aplikasikan ilmu yang saya dapat dari artikel disini.semoga Allah SWT membalasnya

  • http://[email protected] Ceci

    Assww…
    Walau agak sdkt melenceng,mhn teman2 dpt membnt saya.
    Sy istri,23thn,br menikah 1thn yg ll.krn bbrp alasan,sy+suami br nikah siri tnp diketahui klrga& km skrg sm2 bekerja&berjauhan(1bln sekli btmu).suami tnyt sangat mdh cmburu&mudah mrh,pdhl sy tdk pnh slgkuh,dll.malah sering berucap demi Allah,msh tdk pcy.
    Sdh 3x dy memukul sy,sy sgt sedih tp sy tdk pnh mengecewakan suami.apa yg hrs sy lakukan.sy sungguh tdk kuat tp sy ingin memperthnkan pnikahan kt.mhn advice yg sebaik2ny

    • http://www.facebook.com/izuln.siesoel IZul N Siesoel

      tetap sabar dan tabah, itu cobaanNYA. dlm buku Asma Nadia byk dikisahkan seperti itu, bhkan suami yg selingkuh bbrp kali dan pd akhirnya di puncak kesbran Istri yg tdk kuat lg menahan, minta cerai. tp mreka tdk jd cerai krn tiap mlm slalu mengadu kpd Allah. jgn prnh ptus asa utk mengadu pdNYA,slama kita bnar kita akn dituntun olehNya. pertama kali mengadu haya kepada Allah kecuali org2 yg tdk mau bersabar

  • http://Mr.RabbitRobert hanhar

    Alhamdulillah , ya Allah pas banget artikel ini yaa. ujian datang setiap waktu? solusi datang tepat waktu Alhamdulillahi rabilalamin.

  • http://Mr.RabbitRobert hanhar

    pas bangets dengan momen aku hari ini,.Alhamdulillah

  • hamzah

    alhamdulillah…mau tanya ustad,doanya suami saat istri sedang hamil apa ? dan surat al-qur’an yang mesti kita baca saat istri mengandung surat apa aja ?

    atas jawabanya saya ucapkan Jazakumulloh khoiron katsiiro

    assalamu alaikum

  • Diah

    bagus nih doa ini aku lihat bersamaan datangnya ujian dari Allah sehingga bisa membuat aku ikhlas kedepannya

  • lia mulyasih

    Subhannalah..ketika sedang diuji kesabaran oleh Allah Swt aku berharap bisa lebih ikhlas dan dapat mengambil hikmah..

  • ya allah

    sy binggng hrs bgm bln in sy mw menghdpi sidang cerai aq,tp hti sy n suami sy msh ad rs synk n g mw pisah.kr kita pnya ank perempuan darh daging sy n suami sy n yg paling kita synk kita cerai kr keingnn kel sy n kel suami sy.tlngn sy n sy hrz bgm

    • http://www.facebook.com/izuln.siesoel IZul N Siesoel

      jgn prnh ptus asa utk mengadu pdNYA,slama kita bnar kita akn dituntun
      olehNya. pertama kali mengadu hanya kepada Allah kecuali org2 yg tdk mau
      bersabar. dilema skrng byk ikut campurnya dr pihak keluarga lain. jk memang keluarga Muslim hal itu gak akan terjadi. krn Istri surganya Suami dan Suami adlh Surganya Istri. jadi anda hrs berani ambil keputusan,jk memang Suami yg terbaik ya rujuk sj. Suami yg taat pd Allah pasti akan membawa Istrinya ke Syurga. Pasti. krn laki2 punya tanggungjwb di akhirat kelak y:Ibunya,Istrinya,anak wanitanya,saudara wanitanya berbeda dg wanita

  • http://www.facebook.com/people/Tjw-Netty/1622055266 Tjw Netty

    Harta yang tak ternilai harga nya di mata allah adalah Istri yang sholeh……………….. Bisakah kita menjadi istri yang sholeh?????????????????????? hanya kita yang tahu dan Alloh yang menentukan

    • http://profile.yahoo.com/ND6GIM4BSK4JRVGMT2WSWQPYVE Kojel Suprapto

      emang ada istri yang sholeh ? Nek aku sih gak mau jadi istri yang sholeh, maunya jadi yang sholihah

  • legi gunawan

    maaf ustadz.. ini yg baca pihak suami apa istri ny juga? :)

  • http://grevada.com/ Anindya Yumika Dewi

    Jadi kalau ga baca ni doa, setan bisa ikutan join dan acaranya berubah jadi threesome gitu.?? :D

  • Ditha

    doa nya kok sadis ya? isi kata ‘dicelakakan’, ditikam’.